Wednesday, January 23, 2008

Memilih anti virus

Ini ada artikel yang menarik untuk PC anda yang mungkin dapat menciptakan New World untuk PC anda dirumah. Artikel ini dari seorang temen yang gemar mengamati perkembangan IT untuk diri sendiri juga untuk kalayak umum. Dan artikelnya adalah berikut :

Memilih antivirus untuk Komputer anda

Kadang kita jengkel terhadap serangan virus lokal maupun luar baik dari internet atau komputer lain yang terinfeksi virus dan kadang malah membuat kita harus Instal ulang Windows, nah untuk mencegah hal itu atau meminimalisir efek serangan virus itu maka setidaknya anda harus memiliki Antivirus di bawah ini :
PCMAVAntivirus keluaran tim Majalah PC Media ini mungkin urutan pertama yang harus anda miliki, kenapa?karena dapat mengenal dan membasmi virus-virus lokal dan memiliki update setiap bulannya dan terbukti ampuh membersihkan tanpa menghapus file yang terinfeksi (semacam file office dll) ada beberapa kelebihan dan kekurangan antivirus ini :Kelebihan :
Portable, ini bisa dikatakan kelebihan namun juga bisa sekaligus kelemahannya, dengan sifat porttable maka anda bisa menjalankannya dari CD atau Flash Drive anda dan tidak memakan resource yang besar di memory namun tidak dapat mendeteksi dan membersihkan secara realtime seperti antivirus lain yang memiliki program service.
Dapat digabungkan databasenya dengan database ClamAV sehingga membuatnya mampu mengenal Virus lokal dan luar (lebih dari 10000 virus yang dikenal/dibasmi jika digabungkan) untuk menggabungkannya diperlukan sebuah file libpclamav.dll, database ClamAV(Main.vdb dan daily.vdb) dan diletakkan diletakkan di folder PCMAV.
Membersihkan tanpa menghapus file, inilah kelebihan utama dari Antivirus ini untuk file penting semacam file office yang terinfeksi antivirus ini tidak akan menghapus filenya (saya pernah punya pengalaman file .doc saya yang terinfeksi virus lalu dihapus oleh antivirus lain dan saya harus mengetiknya lagi...cape dech)
Kelemahan :
Meski ada versi RTPnya namun itu hanya sebatas memberitahu dan terkadang mengalami error dan membuat aplikasi lain menjadi lambat, sehingga saya tidak merekomendasikan untuk mengunakan RTP nya. namun sangat merekomendasikan CLEANERNYA.
Meski termasuk freeware untuk mendapatkannya anda harus membeli tabloid dan majalahnya sehingga tidak total free namun anda bisa mendownloadnya dari internet karena ada beberapa pihak yang mengsharingnya di internet, namun saya lebih menyarankan anda membeli tabloid atau majalahnya karena selain anda mendapat antivirus juga mendapat Freeware lainnya (^ ^).
Saat menscan ia membuat CPU Menjadi Full load (so, sebaiknya tunda dulu membuka atau tutup dulu aplikasi yang lain).
Meski sudah mencapai RC21 (November 2007) namun antivirus ini perkembangan fiturnya termasuk lambat (kalaupun ada perbaikan itu pun baru sebatas update database dan perbaikan bug-bug saja) berbeda dengan salah satu antivirus lokal lain yang memiliki perkembangan pesat dari sisi fiturnya, namun meski begitu antivirus ini masih tetap handal digunakan.
ANSAVAntivirus buatan seorang mahasiswa Yogya ini juga termasuk handal dan memiliki segudang fitur salah satu yang membuat saya kagum adalah kemampuannya untuk memiliki plugin dan bisa digunakan secara portable atau diinstal, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan antivirus ini :Kelebihan :
Memiliki berbagai Plugin seperti registryFX, Hidden revealer, stealth mode dll sehingga menambah fiturnya sebagai antivirus.
Memiliki program service sehingga membuatnya menjadi realtime.
User Interface yang baik dan termasuk ringan dalam pengoperasiannya.
Portable atau instalable.
Memiliki fitur karantina file dan exception file to scan (menset fil-file yang pengecualian saat discan).
Kelemahan :
Lemah dalam hal database virus, bulan ini saja (November) database antivirusnya tercatat menggunakan database oktober juga ada beberapa virus yang tidak dikenalinya namun dikenali anti virus lain.
Tidak sepenuhnya membersihkan namun, terkadang ia juga menghapus file yang terinfeksi.
CLAMWINAntivirus Luar ini bisa dibilang yang terbaik sebagai antivirus freeware karena ia termasuk handal dan databasenya menyaingi antivirus yang berbayar, berikut kelebihan dan kekurangannyaKelebihan :
Freeware, anda cukup mendownloadnya tanpa usah dipusingkan dengan membayar atau mencari crack/serialnya (^ ^).
Database virusnya mencapai puluhan ribu (bulan ini saja tercatat databasenya memiliki pengenalan terhadap lebih dari 14.000 virus).
Updatenya cepat (dalam satu minggu ia databasenya).
Dapat ditweak menjadi portable application.
Terintegrasi dengan win explorer.
Kekurangan :
Tidak Realtime meski instalable dan tidak memiliki program service namun bisa di gunakan di windows explorer.
Memakan resource memory dan CPU yang besar saat dioperasikan
Itulah 3 Antivirus yang harus ada di Komputer anda jika ingin meminimalisir efek serangan Virus Lokal dan Luar. Dan mungkin bisa menciptakan NEW WORDL FOR YOUR PC .

No comments: