Tuesday, January 8, 2008

Economi Micro

Teori Konsumsi Atau Teori Tingkah Laku Konsumen
Pada dasarnya teori ini menjelaskan mengapa garis permintaan itu menurun dari kiri ke kanan bawah ? inilah pokok masalahnya. Jawabanya karena sesuai dengan bunyi hukum permintaan yaitu :
Jumlah barang yang diminta bergerak bertentangan dengan harga. artinya bahwa konsumen akan mengurangi jumlah berang yang diminta kalau haraganya naik atau sebaliknya konsumen akan menambah jumlah barang yang diminta kalau harganya turun.
Dan untuk menjelaskan Tingkah Laku Konsumen tersebut ada 2 pendekatan yaitu :
  1. Pendekatan Utilitas atau sering disebut dengan Teori Utilities Kardinal, yang juga bisa disebut sebagai Teori Neo Klasik.
  2. Pendekatan Kurva Indifferensial atau Teori Utilities Ordinal atau juga disebut sebagai Teori Kurva atau garis Indefferensi.

Pendekatan Utilitas atau Teori Utilities Cardinal ( Teori Neo Clasic )

Pada pendekatan ini memiliki asumsi sebagai berikut :

  • Utility dapat diukur secara kardinal
  • Hukum Gossen tetap berlaku ( Jika konsumsi barang ditambah terus menerus maka kenikmatanya akan terus menerus berkurang atau MU setiap unit tambahan barang yang dikonsumsi akan menurun )

Bila dipandang dari segi Utility maka dapat diartikan sebagai berikut :

TOTAL UTILITY (TU)

Yaitu jumlah keseluruhan utility yang didapat dari mengkomsumsi berbagai jumlah barang x. ( Nilai Utility diperkirakan sendiri )

MARGINAL UTILITY (MU)

Yaitu suatu perubahan naik atau turun pada suatu total utility akibat bertambahnya atau pertambahan satu unit barang x yang dikonsumsi. Rumus MU=TU2-TU1 / Q2-Q1

AVERAGE UTILITY

Yaitu total utility dibagi dengan jumlah barang yang dikonsumsi. Rumus AU=TU/Q

Dan dari beberapa pengertian Utility di atas maka yang paling penting bagi perilaku konsumen adalah MARGINAL UTILITY (MU) untuk menentukan tingkat konsumsi dari suatu konsumen (Kepuasan Maksimum)

1 comment:

taliyahfabbro said...

Titanium hammers, glass - titanium-arts.com
Titanium hammers is a glass-cutting glass-cutting ceramic titanium melting point sculpture titanium build for kodi inspired toaks titanium by titanium wedding band ancient Chinese titanium earrings sensitive ears clay tiles.